26 Januari 2009

NGOKILO


Ngokilo
( strobilantes crispus BI. )

Ngokilo ini masih termasuk keluarga tanaman keji beling. Tanaman semak ini berbatang lunak.
Ciri-ciri ngokilo, daunnya tebal,berbentuk lonjong dan agak berbulu serta bagian pinggirnya bergerigi.

Kandungan kalium yang pekat pada daun ini bisa melancarkan air seni dan menghancurkan batu dalam empedu,ginjal maupun di kandung kemih,sehingga batu-batu tersebut akan keluar.

Bila kita rutin makan daun ngokilo sebagai lalapan setiap hari -minimal 3 helai-, Insya Allah kita akan terbebaskan dari penyakit diabetes, ambaien, hepatitis, tumor dan kolesterol. Dengan catatan jangan makan minum yang manis-manis dan banyak mengandung lemak (kolesterol tinggi).

5 komentar:

  1. kalau di lihat sepintas daun ini mirip dengan daun sambung nyowo di daerah saya , tapi apa benar demikian ya ...., saya copas ya di http://manfaat-herbal.blogspot.com. mudah-mudahan bermanfaat. tapi omong kalau daun nggokilo menurut sumber ini (http://books.google.co.id/books?id=8z9_LUTgFcQC&pg=PA121&lpg=PA121&dq=manfaat+sawi+putih&source=bl&ots=CXRu4uZcHw&sig=wnki-m47SudmnLnUDVLyuNiVMm0&hl=en&ei=fSfbSs66DpWDkAXYiPDIDg&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=6&ved=0CCMQ6AEwBQ#v=onepage&q=manfaat%20sawi%20putih&f=false namanya bukan strobilantes crispus BI. mana nich yang benar ?

    BalasHapus
  2. yola! iki gambar sambung nyowo kayane.ngokilo ono kembange koneng.

    BalasHapus
  3. Ngokilo dengan sambung nyawa beda ya. Sambung nyawa berbulu, agak tebal. ada 'klu' lain yang bisa ditambahkan ? mksh.

    BalasHapus
  4. HERBADREAM SOLO : 085702118190
    Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontinyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

    BalasHapus
  5. Daun ngokilo itu kalok di daerah jawa apa nama lainnya...??

    BalasHapus