28 Desember 2008

Ramuan-Ramuan Alami Untuk Mengobati Jerawat

Jerawat memang tidak menyakitkan,tapi cukup merepotkan para pemuda dan gadis remaja. Mayoritas kaum remaja pasti ingin tampil dengan kulit wajah yang halus dan mulus,bersih berseri-seri.

Secara tradisional jerawat bisa di obati dengan beragam tanaman obat.

1.Belimbing wuluh.

Ambil tiga butir blimbing wuluh lalu diparut,diremas dengan sedikit garam. Gosokkan ramuan tersebut ke jerawat.

2.Jeruk nipis.

Satu buah jeruk nipis dicuci,diiris jadi dua bagian. Gosokkan bagian isi pada kulit wajah.

3.Kembang esok sore.

Biji kembang esok sore (kembang pukul empat) diambil isinya yang berupa tepung bedak. Beri sedikit air dan oleskan pada bagian wajah yang jerawatan.

4.Kunyit.

C
uci dan iris halus seibu jari kunyit. Seduh dengan segelas air matang. Tambahkan sesendok makan gula pasir. Minum air kunyit ini dengan tapai singkong setiap hari.

5.Lidah buaya.

Daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya diblender. Seperlima gelas cairan diaduk dengan tepung beras (bedak) dingin sampai kental,aduk sampai rata dan balurkan ke wajah. Biarkan selama setengah jam,baru dibilas.

6.Bunga melati.

20 kuntum melati,2 jari asam kawak dan seibu jari belerang dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Peras dan beri 2 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan pada bagian wajah yang berjerawat 2x sehari.

7.Mentimun.

Cuci mentimun,lalu dibelah-belah. Gosokkan bagian isi dari kulit mentimun tadi kebagian wajah yang ditumbuhi jerawat. Biarkan mengering. Setelah itu baru di bilas.

8.Daun pepaya.

Jemur 2 atau 3 helai daun pepaya yang sudah tua. Lumatkan sambil diberi sedikit air. Peras lalu oleskan sarinya pada jerawat.

9.Daun sirih.

10 helai daun sirih segar dicuci,dilumatkan. Seduh dengan dua gelas air lalu disaring. Gunakan airnya untuk membilas wajah yang sudah dibersihkan 2x sehari.

Dan yang tak kalah penting,jaga selalu kebersihan kulit wajah dengan menggunakan air wudlu. Insya Allah wajah akan bersih dan bersinar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar