26 Desember 2008

OBAT REMATIK (ENCOK)

Sakit reumatik (encok) biasanya menyerang pada orang-orang berusia lanjut. Namun tidak sedikit juga anak muda yang mengidap penyakit ini.

Reumatik (encok) terasa menyiksa dan suka kumat-kumatan kalau musim dingin ataupun penghujan.

Orang-orang tua di kampung-kampung punya mitos kalau encok tidak boleh dipijat,karena bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya. Bahkan -masih menurut mitos mereka- bisa menyebabkan kematian.
Wallahu a'lam bishshowab.

Secara tradisional penyakit reumatik (encok) inì bisa di obati dengan :

1.Bawang Merah dan Jahe.

Bawang merah 5 butir.
Jahe 2 jari.
Tepung terigu 1 gelas.

Caranya :

Bawang merah dan jahe ditumbuk halus,tambahkan tepung terigu dan air masak secukupnya. Diremas-remas sampai tercampur rata.
Kemudian digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang terkena reumatik (encok).

Atau bisa juga dengan cara menggunakan jahe 10 jari dicuci bersih lalu diparut. Diremas dengan 1 gelas alkohol dan endapkan semalam,sesudah itu diperas dan di saring. Lalu gunakan airnya untuk menggosok bagian yang sakit.
Lakukan 2-3 kali sehari.

2.Daun Blimbing Wuluh.

Caranya segenggam daun blimbing wuluh dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit kapur sirih. Gosokkan ramuan tersebut ke anggota tubuh yang terkena reumatik (encok).

3.Akar Bluntas.

Akar bluntas direbus dengan segelas air. Setelah masak disaring,lalu minum sekali seharì sekaligus.

4.Brotowali.

10 cm batang brotowali dicuci,dipotong jadi 3 bagian. Rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Setelah dingin diminum,ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

4.Daun Dewa.

30 gram daun dewa segar direbus lalu dilumatkan,diperas dengan dikucuri sedikit air kemudian di minum.

5.Handeuleum.

Segenggam daun handeuleum dicuci lalu ditumbuk. Oleskan pada bagian tubuh yang sakit reumatik (encok).

6.Daun Mengkudu (Pace).

Cuci 5 helai daun mengkudu (pace) yang agak besar,lalu olesi dengan minyak kelapa. Garang di atas api sampai layu. Panas-panas tempelkan ke tempatnya encok ngendong.

Dari semua resep ini yang paling sering saya pakai untuk membantu mengobati orang yang terserang encok / rematik adalah resep nomer pertama. Alhamdulillah selalu memuaskan hasilnya.

Reumatik (encok) ini bisa juga dicegah supaya tidak menyerang tubuh kita,yakni biasakanlah lalapan setangkai Seledri mentah setiap kali makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar