04 Februari 2009

DAUN SALAM


Salam
( Eugenia polyantha Wight. )

Pohon salam tumbuh liar di hutan maupun di tanam di halaman depan rumah. Pohon salam ini ketinggiannya bisa mencapai 25 meter.
Pohon salam berdaun lebat dan rimbun. Bentuk daunnya lonjong berujung runcing. Bila di remas mengeluarkan aroma keharuman. Biasanya daun salam ini di manfaatkan untuk campuran bumbu dapur.

Bunga pohon salam warnanya putih dan wangi baunya.
Buah salam bentuknya bulat kecil-kecil sebesar buni. Mula-mula buahnya berwarna hijau,dan lama kelamaan berubah merah kehitaman pertanda sudah matang dan manis rasanya kalau dimakan.

Kandungan dan manfaat daun salam.

Daun salam mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri. Zat tanin yang di kandung daun salam bersifat menciutkan ( astringent).

Disamping sering di gunakan sebagai bumbu dapur, daun salam juga bisa di manfaatkan untuk pengobatan. Contoh penyakit yang bisa di obati dengan daun salam :

Diare

20 helai daun salam di cuci lalu direbus dengan dua gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring,dan di minum 2x sehari setengah gelas.

Diabetes

Segenggam daun salam di cuci,direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring dan setelah agak dingin di minum. Minum 3x sehari masing-masing 1/3 bagian.

Sakit Maag

20 helai daun salam dicuci,direbus dengan setengah liter air. Campurkan gula aren secukupnya. Saring dan minum sekali setiap hari.


1 komentar:

  1. Salam.

    Saya Nasir dari Malaysia sedang mencari daun salam untuk pengobatan isteri saya yang lumpuh untuk dimandikan setiap hari semuga urat-uratnya yang kekejangan dapat dilembutkan dan kembali kepada asal. Insyallah.

    Tapi di Malaysia Pokok salam tidak ada. So bagaimana saya ingin mendapatkan benih anak pokok salam untuk ditanam dirumah saya.

    Terima Kasih. Segala budi baik anda saya ucapkan terima kasih.

    Nasir
    012-4602318
    mnasir2020@gmail.com

    BalasHapus